Kemungkinan mata kuliah ini adalah mata kuliah perdana di jurusan arsitektur yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan. Karenanya, saya sedikit menggunakan imajinasi dan riset sebelum membuat SAP ini.

Sayangnya di blogspot ini tidak bisa menaruh attachment (atau saya yang terlalu ‘gaptek’)


Deskripsi:

Kuliah ini merupakan pengenalan dan pengembangan pengetahuan lebih lanjut mengenai perencanaan, perancangan dan manajemen suatu pembangunan berkelanjutan, kota berkelanjutan dan/atau arsitektur berkelanjutan. Pendekatan ditekankan pada pemahaman praktis, filosofi, metode dan contoh pembangunan berkelanjutan.

Topik-topik yang dibahas meliputi prinsip-prinsip ekologi perkotaan dan pembangunan berkelanjutan, jejak ekologi sebuah kota, manajemen air, perancangan kota dan transportasi, hutan kota, sistem taman dan jalur hijau, metode dan cara evaluasi, dan arsitektur berkelanjutan (dengan tema khusus perancangan pasif (passive design) dan perumahan berkelanjutan di Indonesia)

Tujuan Instruksional Umum:

  1. Untuk mempelajari latar belakang, filosofi dan studi kasus serta metode dalam pembangunan berkelanjutan.
  2. Untuk mempelajari hubungan antara pembangunan berkelanjutan, lingkungan perkotaan dan lingkungan buatan (arsitektur)
  3. Untuk mempelajari lebih jauh atas dasar perencanaan dan desain kota berkelanjutan, dengan penekanan pada Ecologically Sustainable Development dan Water Sensitive Design.
  4. Memahami strategi demi penerapan kota Jakarta, khususnya, dan Indonesia umumnya yang berkelanjutan.
  5. Mempelajari beberapa metode penilaian pembangunan berkelanjutan

Tujuan Instruksional Khusus:

1. 14 Januari 2008:
Latar belakang pembangunan berkelanjutan menurut Brundtland Commission, Penjelasan Tugas (On Metropolis & Seminar) & Tata cara penulisan karya ilmiah.

2. 21 Januari 2008:
Pengertian, Prinsip, dan Contoh Proyek Pembangunan Berkelanjutan. 10 Prinsip Literatur Pembangunan Berkelanjutan menurut Keith Pezzoli.

3. 28 Januari 2008: Ecologically Sustainable Development
Prinsip Urban Ecology, Pengertian ESD, Faktor Utama dalam ESD (Manusia, Sosial, dan Alam), Strategi ESD

4. 4 Februari 2008: Ecologically Sustainable Development 2
Penerapan ESD di negara berkembang, Kritik terhadap ESD, Contoh ESD pada negara berkembang (studi kasus pada: Jakarta, Bangkok, Shanghai, Afrika Selatan, Kalkuta, dan Ghana, dimana proyek-proyek tersebut lebih ditekankan pada perkotaan, hunian massal dan hunian kumuh padat (slum).

5. 11 Februari 2008: Penerapan ESD pada negara maju, Material dan Keberlanjutan
Metode penilaian terhadap proyek pembangunan berkelanjutan (Basix, LEED, DCBA, Life Cycle Assessment), Material/bahan bangunan dilihat dari proses pembuatan hingga pemasangan dan penghancurannya.

6. 18 Februari 2008: Sustainable Cities & Passive Design (Kuliah Tamu)
Sejarah pembentukan sustainable cities (asal muasal: Garden City), Faktor2 dalam Kota Berkelanjutan, Contoh dan Usaha mencapai kota berkelanjutan.
Kuliah Tamu: Passive Building Design

7. 25 Februari 2008:
Presentasi Tugas 1: On Metropolis

8. 3 Maret 2008:
Presentasi Tugas 1: On Metropolis

9. 10 Maret 2008:
UTS

10. 17 Maret 2008:
Pengumpulan tugas On Metropolis dan Penjelasan tugas Seminar:
Strategi Transportasi Mikro Jakarta 1 (TransJakarta), Strategi Transportasi Makro Jakarta 2 (Ring Road dan Perkembangan Wilayah), Tinjauan Lingkungan dan Efek Perusakan Hutan Bakau (Pantai Indah Kapuk dan Bukit Golf Mediterania), Superblok Jakarta (Studi Terhadap Kelapa Gading Square), Studi terhadap Kampung Mandiri (Ancol dan TIJJ), Studi terhadap perumahan Yayasan Budha Tsu-Chi (Cengkareng), Studi terhadap 1000 Rusun Jakarta, Green Olympic (Beijing 2008), Megapolitan/Jakarta Urban Consolidation

11. 24 Maret 2008: Sustainable Transportation
Pengertian transportasi berkelanjutan, pentingnya pengembangan transportasi berkelanjutan, Indikator transportasi berkelanjutan, 10 mitos ketergantungan kendaraan bermotor, siklus ketergantungan, dampak transportasi pada pembangunan berkelanjutan, metode pengurangan kemacetan, hubungan antara transportasi-arsitektur-perkotaan, studi kasus 3 kota (Jakarta, Seoul, Sydney)

12. 31 Maret 2008: Urban Consolidation/Compact City
Pengertian Konsolidasi Urban, Latar belakang, Kajian Ekologi dan Aspek Pembangunan Berkelanjutan pada Compact city

13. 7 April 2008: Water Sensitive Design
Pengertian WSUD (Water Sensitive Urban Design), Metamorfosis kota berdasarkan siklus air, Urban Water Cycle, Cara Pengolahan air (arsitektural maupun urban), Studi Kasus (Newater-Singapore, Millenium Parklands, VicPark, NAB Building Dockland, Bank of America Tower-Times Square)

14. 14 April 2008: Restoring the Green Landscpace Series
Green Urbanity, Green Building, Green Roof/Wall, Green Interior, Green Policy

15. 21 April 2008: Restoring the Green Landscape Series con’t

16. 28 April 2008: Kuliah Tamu: *TBA
Toward an Integral Approach of Sustainable Housing in Indonesia

17. 5 May 2008: Seminar

18. 12 May 2008: Seminar

19. 19 May 2008: UAS

Semoga semester ini berjalan dengan lancar.