Kembali dibuka, kelas pilihan terbaru di Universitas Pelita Harapan, dengan tajuk Sustainable Development and The Urban Environment (Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Perkotaan).
Semua mata kuliah, tugas, bahan bacaan dan soal ujian serta hasil seminar mahasiswa dapat diakses oleh publik disini, sebagai bagian dari rasa tanggung jawab moral saya sebagai dosen.

Karena pembangunan berkelanjutan memiliki arti yang demikian luas, maka saya menempatkan embel-embel Lingkungan Perkotaan sebagai pembatas dan konteks pembicaraan. Sesuai dengan namanya: Sustainable Development, maka cakupannya pun sangat luas, dan bukannya tak jarang diinterpretasikan melenceng. Dimanakah posisi yang tepat untuk melihat isu keberlanjutan ini ? Sementara ketiga faktor utamanya (ekonomi, sosial, lingkungan) kadang saling berbenturan. Disinilah negasi dibutuhkan, mediasi, toleransi dan partisipasi memegang peranan.

Selamat menikmati mata kuliah ini. Semoga dapat membuka perspektif baru, atau setidaknya menambah wawasan bagi si pembaca.