2 hari ini saya menyebarkan 3 visi misi kedua capres via social media: facebook dan twitter. Ada tanggapan dari teman-teman saya di facebook, bahkan jadinya berdiskusi apakah mungkin visi misi tersebut. Sementara tanggapan via twitter hanya 2-3, mungkin orang-orang yang mengfollow saya di twitter lebih suka meRT poster, meme, atau kultwit. Lagipula twitter bukan media yg tepat untuk diskusi. Tapi mungkin juga waktunya tidak tepat.

Saya mengambil 3 rencana kebijakan berbeda: Reformasi Birokrasi, Energi dan Pendidikan Dasar dari visi misi kedua capres. Lalu saya menghilangkan nama capres, dan menggantinya dengan Visi A dan Visi B, bahkan terkadang saya mengacak urutan.

Harapan saya saat melakukan percobaan itu adalah, sebagai ajakan untuk melihat substansi masing-masing capres tanpa melihat siapa capres pengusul dan apalagi orang-orang didekatnya.

Berikut adalah 3 visi misi yang saya ambil

Visi Misi Subsidi BBM

VIsi Misi Reformasi Birokrasi

Visi Misi Pendidikan Dasar

Untuk mengintip diskusi sebagian kecil teman-teman saya bisa melihat di wall facebook saya. Kebetulan semua posting terkait pilpres, saya buka untuk umum, jadi yang turut serta berdiskusi termasuk teman dari teman saya.

Tapi kembali lagi, seandainya dunia politik dan Indonesia ini hitam-putih, maka jangan-jangan kita tidak perlu terpolarisasi seperti saat ini. #MariMemilihBijakCerdas